Lewat Program UTS INTERNSHIP, Mahasiwa Sosiologi Belajar di Dinas Sosial

  1. Home
  2. /
  3. News
  4. /
  5. University
  6. /
  7. Lewat Program UTS INTERNSHIP, Mahasiwa Sosiologi Belajar di Dinas Sosial

Sumbawa – Mahasiswa program studi Sosiologi Universitas Teknologi Sumbawa belajar langsung di Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa melalui program UTS INTERNSHIP.  Program UTS INTERNSHIP merupakan program magang yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap lingkungan kerja suatu instansi baik swasta atau pemerintahan. Pada program UTS Intership tersebut, tiga mahasiswa Sosiologi yakni Rini Puspita, Aita Helianti dan Sika Aprianti memperoleh kesempatan untuk mempelajari secara langsung mekanisme pelayanan administrasi, khususnya pada Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) di Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Melalui program ini, tiga mahasiswa tersebut mengaku dapat mengaplikasikan teori-teori yang telah mereka pelajari selama perkuliahan ke dalam dunia kerja secara nyata. Mereka bekerja langsung dengan pegawai sosial yang berpengalaman di Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial. Selama menjalani prosesn magang, mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan administrasi, seperti pengolahan data, penyiapan dokumen, menyusun laporan, dan lain-lain. Mereka belajar tentang sistem layanan dan rujukan terpadu (SLRT), dan pelayanan administrasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT). Tujuan dari pembelajaran tersebut adalah untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien kepada masyarakat yang membutuhkan perlindungan dan jaminan sosial.
Mahasiswa tersebut juga aktif terlibat dalam kegiatan lapangan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa. Mereka melakukan survei, wawancara, dan pengamatan langsung di lapangan. Dengan cara ini, mahasiswa dapat melihat secara langsung bagaimana kebijakan perlindungan dan jaminan sosial diimplementasikan dan berdampak pada masyarakat.

Setelah menyelesaikan proses magangnya, tiga mahasiswa tersebut mengaku dengan program magang UTS INTERNSHIP ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa program studi Sosiologi. “Pertama, kami mendapatkan pengalaman praktik kerja yang berharga di Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial. Pengalaman ini akan membantu kami memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang teori-teori Sosiologi yang telah mereka pelajari di bangku kuliah. Kedua, program ini juga membantu kami yang masih berstatus mahasiswa mengembangkan keterampilan administrasi dan analisis data yang diperlukan dalam dunia kerja. Ketiga, mendapatkan pengalaman kegiatan lapangan terkait masalah sosial (Pemberian bantuan kepada KPM PKH, KPM Stunting, UMKM, dan lain-lain). Sehingga kedepannya ini akan menjadi bekal untuk kami yang saat lulus nanti.”         

Mewakili pimpinan di Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, tiga mahasiswa tersebut juga menyampaikan bahwasanya instansi mereka yakni Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa juga mendapatkan manfaat dari program magang yang dicanangkan oleh kampus. “Dengan adanya mahasiswa yang berdedikasi dan bersemangat, mereka dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan administrasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) di Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial. Selain itu, program ini juga dapat menjadi sarana untuk mengidentifikasi masalah-masalah sosial yang mungkin belum terdeteksi sebelumnya.” Rini menuturkan pesan dari tempat mereka magang.