Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

  1. Home
  2. /
  3. News
  4. /
  5. University
  6. /
  7. Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan
Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) telah sukses melaksanakan asesmen lapangan untuk Program Studi Sosiologi pada tanggal 25-26 Maret 2024. Asesmen ini dilakukan oleh dua asesor yang berpengalaman, yakni Prof.Dr. Wahyudi, M.Si dari Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Dr. Tyas Retno Wulan, S.Sos, M.Si dari Sosiologi Universitas Soedirman. Asesmen lapangan merupakan salah satu tahap penting dalam proses akreditasi program studi. Tujuan utama dari asesmen ini adalah untuk mengevaluasi kualitas dan kemajuan yang telah dicapai oleh Program Studi Sosiologi di UTS. Dengan melibatkan asesor eksternal yang berkompeten, asesmen lapangan memberikan perspektif objektif dan independen terhadap program
studi yang sedang dinilai. 
Asesmen yang berlangsung selama dua hari tersebut melibatkan persiapan yang matang dari pihak Prodi dan Fakultas. Dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan telah dipersiapkan dengan baik. Dokumen-dokumen ini mencakup instrumen akreditasi seperti Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi versi 3.0 (IAPT 3.0), serta dokumen-dokumen terkait program studi seperti kurikulum, silabus, dan dokumen pendukung lainnya. Selain dokumen, pihak Prodi dan Fakultas juga telah menyiapkan stakeholder yang berperan penting selama proses asesmen. Hal ini mencakup dosen, staf, mahasiswa, dan pihak terkait lainnya yang memiliki kontribusi dalam pengembangan program studi. 
Abbyzar Aggasi, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UTS, berharap bahwa melalui asesmen ini, Prodi Sosiologi dapat meraih hasilyang maksimal. Ia juga berharap bahwa prodi lain di FISIP bisa belajar dari proses asesmen yang telah dilaksanakan ini. Dengan adanya asesmen lapangan, diharapkan program studi dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta melakukan perbaikan dan peningkatan yang lebih baik lagi di masa mendatang. “Kami berharap melalui asesmen ini, Prodi Sosiologi dapat meraih hasil yang maksimal. Selain itu, kami juga berharap bahwa prodi lain di FISIP bisa belajar dari proses asesmen yang telah dilaksanakan,” ujar Abbyzar. Asesmen lapangan merupakan momen penting bagi Program Studi Sosiologi UTS untuk memperoleh umpan balik konstruktif dan rekomendasi dari asesor eksternal yang berpengalaman. Dengan menerima saran dan masukan dari asesor, program studi dapat melakukan perbaikan dan peningkatan yangberkelanjutan. Melalui asesmen lapangan ini, UTS berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan menjaga standar akademik yang tinggi dan melibatkan semua stakeholder yang terlibat, diharapkan Program Studi Sosiologi di UTS dapat menjadi yang terbaik di bidangnya.