Artisitik dan Pesan Yang Terselubung, Diskusi Interdisiplin Ilmu Komunikasi dengan Seni Musik

  1. Home
  2. /
  3. News
  4. /
  5. Teachers
  6. /
  7. <strong>Artisitik dan Pesan Yang Terselubung, Diskusi Interdisiplin Ilmu Komunikasi dengan Seni Musik</strong>

Sumbawa – Program studi Ilmu Komunikasi bersama dengan Seni Musik Universitas Teknologi Sumbawa menggelar diskusi interdisiplin pada Jumat (6/01/23). Diskusi ini berlangsung di ‘Bale Panggung’ Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik. Mengangkat tema Artisitik dan pesan Yang Terselubung, kegiatan ini digagas oleh Aka Kurnia SF bersama Rivaldi Ihsan Ketua Program Studi dari Seni Musik. Diskusi ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari kedua program studi tersebut.

Aka Kurnia SF dari prodi Ilmu Komunikasi menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut. Aka menyampaikan materi mengenai foto sebagai pembawa pesan. “Setiap karya foto menyimpan data, dan yang bisa membaca data tersebut adalah orang yang memahami itu”. Lebih lanjut Aka menjelaskan mengenai teknik fotografi serta bagaimana sebuah gambar bisa menceritakan lebih baik dari seribu kata. “Dalam satu foto itu mampu mengungkapkan banyak hal tergantung dari siapa yang menerima pesan. Dikaji secara psikologis dan komunikasi bahwa foto bisa menjadi media pesan serta memiliki target audiens untuk pesan atau data yang ingin disampaikan tersebut. Itulah mengapa foto menjadi artistik yang mengandung pesan terselubung, fotografi sebagai komunikasi non verbal untuk menyampaikan pesan kebaikan melalui artistik”.

Dalam diskusi hangat yang dihadiri juga oleh Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Chairul menyampaikan antusiasmenya untuk kegiatan seperti ini. “Perspektif sangat bisa mempengaruhi makna pesan yang ditangkap. Ini sering terjadi di era kita. Oleh karena itu, diskusi antar ilmu pengetahuan ini sangat penting untuk dihidupkan, karena dengan seperti inilah ilmu pengetahuan berkembang. Saya berharap kedepannya akan semakin banyak kegiatan serupa dengan kajian-kajian yang menarik untuk ditelisik lebih jauh.”

Sejalan dengan apa yang disampaikan Rektor, Aka menyebutkan bahwa kegiatan ini menjadi tanggung jawab moril dan materil bagi dirinya.