Rampung Magang di Radio, Mahasiswa Ilkom Peroleh Banyak Pengalaman Broadcasting

  1. Home
  2. /
  3. News
  4. /
  5. Teachers
  6. /
  7. Rampung Magang di Radio, Mahasiswa Ilkom Peroleh Banyak Pengalaman Broadcasting

Sumbawa – Program MBKM magang  Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) merupakan salah satu kegiatan yang disediakan untuk mahasiswa agar bisa menerapkan ilmu pengetahuan yang didapatkan selama perkuliahan dan dapat mengatasi suatu permasalahan di lapangan. Program ini juga bisa menambah pengalaman, kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam praktik tertentu seperti praktik kerja yang dilakukan oleh penulis yaitu dua mahasiswa UTS prodi Ilmu Komunikasi, di PT. Q Radio Sumbawa, radio Victoria Fm. Program ini dilaksanakan 3 bulan kerja, yaitu mulai dari tanggal 26 Februari- 2 juni 2023.

Mila Hervayanti dan Pandu Satria Ade Putra mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi yang dibimbing oleh Anwar, M.Pd, berhasil menerapkan ilmu yang di dapat di bangku kuliah pada semester sebelumnya. Magang di Radio Victoria FM sebagai bagian dari proses produksi, Mila dan Pandu mengaku tertarik selama proses magang berlangsung. “Selama magang kami mendapatkan ilmu terkait dengan dunia kerja di Radio oleh GM Radio Victoria FM terlebih lagi di mentori oleh Arasyladunova Detuasa yang memberikan kami berbagai insight terkait dunia penyiaran.”

Mila dan Pandu menngambarkan kegiatan yang dilakukan selama magang tersebut adalah mencari dan menulis berita yang tentunya sesuai dengan kode etik jurnalistik, kegiatan siaran off air, serta cara pengoperasian alat siaran, bahkan di berikan kesempatan on air langsung bersama penyiar dari radio Victoria Fm. Yang tentunya hal tersebut ada kaitan dengan berbagai mata kuliah yang mereka dapatkan sebelumnya. Terutama peningkatan kualitas publik speaking yang sangat ditekankan oleh mentor mereka saat magang, “Karna itu menjadi hal yang paling penting saat terjun ke dunia kerja.”

Selain itu, kedua mahasiswa prodi Ilkom tersebut juga mendapat kesempatan mengelola event yang diselenggarakan oleh radio. “Alhamdulillah ilmu Management event yang selama ini dipelajari bisa langsung kami praktikan. Event yang di lakukan di radio Victoria Fm menjadi wadah kami mencari pengalaman sebaik-baiknya.”

Mila dan Pandu menuturkan jika Kegiatan MBKM magang mandiri yang dilakukan keduanya di PT. Q radio Sumbawa adalah kegiatan yang tepat untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. “Mendapat ilmu terkait dengan bagaimana cara membranding perusahaan melalui konten yang mereka buat, selain cara membranding perusahaan mereka juga mendapat ilmu terkait crisis management atau cara menghadapi permasalahan yang ada di perusahaan atau dunia kerja nanti.”