Dari Gemar Menulis, Mahasiswa Ilkom UTS Jadi Finalis Duta Bahasa

  1. Home
  2. /
  3. News
  4. /
  5. Teachers
  6. /
  7. Dari Gemar Menulis, Mahasiswa Ilkom UTS Jadi Finalis Duta Bahasa

Sumbawa – Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Provinsi NTB Tahun 2023 telah memasuki Tahapan Seleksi 20 Besar. Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, Andi Sultan mengikuti pelatihan literasi dan kebahasaan dari pihak Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pelatihan ini bertujuan untuk menyaring para peserta, prosesnya dimulai dengan analisis kondisi literasi dan pemuda di NTB, dilanjutkan dengan pelatihan dan pembuatan essai 15.000 kata yang menjadi syarat untuk lolos menjadi 20 besar. Selain itu, seleksi dalam bentuk video tentang literasi juga menjadi salah satu penilaian.

Proses pelatihan dilanjutkan dengan wawancara terkait motivasi mengikuti  duta bahasa dan program apa yang akan di laksanakan jika berhasil menjadi Duta Bahasa nantinya. Tahapan akhir di tutup dengan mengisi post test dalam bentuk kuisioner terkait materi yang sudah di sampaikan selama pelatihan. “Seluruh proses seleksi berjalan menyenangkan. Kreatifitas dan soft skills sangat dibutuhkan untuk membuat karya yang sesuai kriteria. Saya akui tidak mudah bersaing dengan 50 peserta dengan latarbelakang yang unik dan prestasi yang beragam, namun itu bukan alasan saya tidak memberikan usaha yang maksimal dalam seleksi ini.”

Dilansir dari laman resmi Kantor Bahasa NTB, Kepala Kantor Bahasa NTB, Puji Retno Hardiningtyas mengatakan jika penilaian terdiri atas kemampuan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing, program kerja, minat dan bakat, wicara publik, dan pengetahuan tentang program Kantor Bahasa Provinsi NTB. “Para penyeleksi berasal dari perwakilan Kantor Bahasa Provinsi NTB dan Ikatan Duta Bahasa Provinsi NTB, tahapan ini merupakan bagian kecil yang harus diikuti oleh peserta. Tentunya, para peserta sebagai generasi muda memiliki wawasan yang luas dan melek teknologi. Namun, tentu harus mampu menyaring hal-hal negatif dan yang paling utama adalah dapat memberikan kontribusi positif melalui kegiatan Pemilihan Duta Bahasa. Terlebih lagi, saat ini menerima pembekalan pembinaan literasi.” paparnya.

Seluruh tahapan pelatihan tersebut dikemas dengan berbagai cara mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Andi menyatakan siap memberikan kontribusi hingga nanti diakhir masa pelatihan ini berlangsung. “Selama proses pelatihan kami dibekali penerapan slogan Trigatra Bangun Bahasa, visi misi Duta Bahasa Provinsi NTB, serta strategi untuk kembali menggaungkan bahasa Indonesia dan daerah di lingkungan keluarga, kampus, maupun lingkungan masyarakat, itu tugas utamanya”.