“Karya Karsa Samawa” dalam Pameran Seni dan Tradisi Mahasiswa Ilmu Komunikasi  

  1. Home
  2. /
  3. News
  4. /
  5. University
  6. /
  7. “Karya Karsa Samawa” dalam Pameran Seni dan Tradisi Mahasiswa Ilmu Komunikasi  

[Sumbawa,13/01/2024] – Pameran Seni dan Tradisi Mahasiswa Ilmu Komunikasi atau yang disingkat dengan Pameri 2024 berhasil diselenggarakan oleh mahasiswa secara mandiri. Acara yang berlangsung selama empat hari tersebut, sukses menjadi acara yang menghadirkan nilai-nilai budaya dan tradisi Sumbawa didalamnya. Mengusung tema “Karya Karsa Samawa’, pameran seni ini sekaligus menjadi ujian akhir semester mata kuliah Komunikasi Seni dan Tradisi. Diselenggarakan dengan sukses di Pendopo Bupati (Bala Puti). Acara ini menjadi persembahan kreativitas dan dedikasi mahasiswa dalam mengekspresikan seni.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teknologi Sumbawa (FISIP UTS) yang sekaligus menjadi dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Seni dan Tradisi, Aka Kurnia SF, secara simbolis membunyikan gong. Dalam sambutannya,  Aka menyampaikan apresiasi terhadap komitmen mahasiswa dalam menyukseskan acaranya secara mandiri. Dengan menghadirkan nuansa Sumbawa namun tetap beririsan dengan keilmuan komunikasi diharapkan menjadi pengalaman yang menyenangkan baik bagi penyelenggara, ataupun yang menyaksikan.

Kehadiran jajaran dekanat FISIP, dosen dan mahasiswa dari berbagai program studi, serta antusiasme masyarakat umum,menjadi indikator keberhasilan yang telah dirancang sehingga pameran tersebut diselenggarakan di Bala Puti sebagai salah satu bangunan historycal Sumbawa.

Dalam pembukaan acara pameran, penonton disuguhkan dengan karya yang memikat hati mulai dari penampilan mahasiswa, nobar dokumenter, diskusi film serta pameran karya mahasiswa. Mereka menyajikan tarian daerah, Bakilung, dan Ngumang khas daerah Sumbawa yang dirancang untuk memberikan sentuhan keberagaman budaya dan semangat kebersamaan dalam seni.

Karya lainnya yang disajikan dalam pameran ini ialah film dokumenter karya mahasiswa, foto esai, serta infografis, yang merupakan hasil karya mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020. Karya- karya ini tidak hanya mencerminkan keahlian mereka dalam komunikasi seni dan tradisi, tetapi juga Setiap karya menampilkan visi unik mahasiswa terhadap isu-isu kontemporer, memberikan pengalaman berkesan kepada pengunjung.

Penutupan pameran seni Karya Karsa Samawa” juga dirancang dengan memukau. Kehadiran Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Chairul Hudaya, Ph.D, dengan penuh simbolisme memukul gong sebagai tanda berakhirnya pameran seni yang berhasil diselenggarakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020. Kehadiran beliau menjadi semangat bagi mahasiswa dengan menyampaikan dukungan dari pihak universitas. Pada acara penutupan pun penampilan yang disajikan tidak kalah meriah dari acara pembukaan yakni ada penampilan dari mahasiswa seluruh angkatan dari 2020 hingga 2023.

Tidak hanya dari internal kampus, apresiasi positif juga datang dari Sultan Muhammad Kaharuddin IV. “Kami, Sultan Sumbawa, Muhammad Kaharuddin IV ucapkan Selamat atas terselenggaranya pameran karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UTS.”

Ketua pelaksana, Fitria Suci Ramdhani mewakili panitia pameran seni ” Karya Karsa Samawa” mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam kesuksesan acara ini. Serta dukungan dari Dekan FISIP, seluruh civitas akademika FISIP, dan rektor universitas menjadi pilar utama kesuksesan “Karsa Samawa”.